Prangkat Pembelajaran Kelas 1 Tema 1 Subtema 2 Mapel PPKN (pada masa COVID)
RPP(Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran)KELAS 1 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN PPKNOLEH :ANANDA ARUM CAHAYA17120257PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASARFAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS PGRI SEMARANG
Mengetahui,
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari
hari di rumah
IPK
3.2.1 Mengidentifikasi kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
4. Quizizz
5. Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Kegiatan Siang Hari.
LAMPIRAN 2
PENILAIAN
1. Penilaian Sikap :
1. a. Observasi selama kegiatan
Nama siswa |
Perubahan tingkah laku |
|
|||||||||||||||
Santun |
Cermat dan teliti |
Disiplin |
Tanggung jawab |
||||||||||||||
K |
C |
K |
K |
K |
K |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
1 |
1 |
1 |
1 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubik
No |
Sikap |
Skala |
|||
Selalu |
Sering |
Kadang- kadang |
Tidak pernah |
||
1 |
Bercerita
dengan santun
|
|
|
|
|
2 |
Bercerita
sesuai topik |
|
|
|
|
3 |
Mengumpulkan
tugas tepat waktu |
|
|
|
|
4 |
Mengerjakan semua tugas |
|
|
|
|
a.
Cara penilaian:
Skor penilaian : 100
Penilaian: Skor yang diperoleh x 100
Contoh:
Setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2.
Jadi, skor maksimalnya adalah
20 x 5 = 100.
Jika siswa hanya menjawab dengan benar 7
soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:
14 x 5 = 70
Dengan skala 4,
70 4 : 100 rentang angka 2,8 = 2,51 - 2,84
Dengan demikian, nilai mutunya adalah B-
3. Penilaian Keterampilan
Keterampilan |
Kriteria |
|||
Sangat baik |
Baik |
cukup |
Perlu pendapmpingan |
|
1.
Bercerita
tentang kebiasaan yang sesuai dengan aturan di rumah |
Cerita runur, kalimatnya benar, lafal
intonasi tepat, dan percaya diri |
Hanya memenuhi 3 kriteria |
Hanya memenuhi 2 kriteria |
Hanya memenuhi 1 kriteria |
Lembar penilaian: Bercerita tentang kebiasaan yang sesuai dengan aturan di rumah
No. |
Nama Siswa |
Kriteria |
Predikat |
|||
Cerita runtut,
kalimatnya benar, lafal intonasi tepat, dan percaya diri |
Hanya memenuhi 3
kriteria |
Hanya memenuhi 2
kriteria |
Hanya memenuhi 1
kriteria |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN 3
BAHAN AJAR
Setiba di rumah, Dayu mengetuk pintu.
Ibu menyambut Dayu dengan gembira.
Dayu tampak lelah.
Dayu membuka sepatu dan merapikannya.
Dayu meletakkan tas dan berganti baju.
Dayu cuci tangan lalu makan.
Setelah makan Dayu istirahat sejenak.
Ibu menyuruh Dayu tidur siang.
Dayu patuh kepada ibunya.
Contoh kebiasaan baik di siang hari sebagai
berikut.
Meletakkan peralatan sekolah dengan rapi.
Ganti pakaian sekolah.
Mencuci tangan sebelum makan siang.
Makan siang dengan tenang dan tertib.
Mengulang pelajaran di rumah.
Istirahat atau tidur siang.
LAMPIRAN 4
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
1. Lewat quizizz
https://quizizz.com/join/quiz/5f695a8a569e69001d9adebb/start?studentShare=true
2. portofolio
Pengumpulan tugas lewat google form
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfMUSeMrPw5RoDperHVa5t7lER3BcTi-Jd_Xaav5kbWbg99RQ/viewform?usp=sf_link
Komentar
Posting Komentar